Wednesday, 11 April 2018

Apa Arti Kebebasan Menurutmu?

Apa arti kebebasan menurutmu?
Jawabannya pasti sangat beragam, bagiku kebebasan itu adalah saat kita tertawa dengan lebar mentertawakan diri kita sendiri, melakukan sesuatu dengan suka rela dan yang lebih penting justru menurutku kebebasan itu kita tidak pernah bebas.
Aku tak memaksa kau setuju dengan pendapatku atau tidak, karena untuk sebagian orang justru kebebasan adalah tentang dirinya sendiri.
Kita tentunya harus lega bahwa kebebasan justru tidak membuat kita bebas melakukan apapun, ada peraturan dari semesta juga hati-hati yang harus dijaga saat melakukan sesuatu, karena sedikit saja kita bebas tanpa melihat itu semua, maka selamanya akan menyesal itu karena kita tidak bisa mengulang apapun yang sudah dilewatkan, yang sudah dilakukan, tapi baiknya semesta adalah kita masih tetap bisa mengambil pelajarannya meski tidak lagi sama.
Aku percaya, kebebasan yang kau ciptakan tak akan melukaimu juga semesta ini karena sejatinya Tuhan selalu lebih dekat dari urat lehermu, dari nadi, dari kisah-kisah kita. Dia akan menjagamu, menjaga kita lebih dari selamanya itu lah kebebasan.

Halim perdana kusuma Airport
Jakarta, 11 April 2018


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment